Perilaku konsumen
Faktor –faktor yang mempengaruhi keputusan membeli
Tujuan kegiatan
pemasaran adalah mempengaruhi pembeli
untuk bersedia membeli/menggunakan produk/barang/jasa yang di tawarkan (saat
mereka membutuhkan)
Hal ini penting diketahui seorang manajer/tenaga pemasaran untuk
memahami : mengapa dan bagaimanakah tingkah laku konsumen tersebut demikian/seperti itu... jika
perusahaan /kita tahu akan tingkah laku pembeli/konsumen maka dapat dengan mudah untuk :
a.
Mempromosikan
b.
Mendistribusikan
c.
Menentukan
harga
d.
Mengembangkan
produk
Faktor faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli sangat beragam dan alasan kompleks:
Diantaranya:
1.
Kebudayaan/adat
2.
Kalas
sosial/pendapatan/jabatan
3.
Lingkungan
/komunitas kecil
4.
Keluarga
5.
Kepribadian
6.
Sikap
dan kepercayaan
7.
Konsep
diri
8.
Pengalaman
Selain itu juga di perlukan
suatu proses dan waktu
1.
Kebudayaan/adat
Kebudayaan adalah simbol dan fakta yang komplek yang di ciptakan
oleh manusia dengan proses waktu , diturunkan dari generasi ke generasi sebagai
penentu dan pengatur pola tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada
Simbol bersifat kentara: karya seni, pakaian, alat alat kesaharian,
rumah, karya seni, makanan
Simbol tak kentara : sikap, pendapat, nilai nilai budi pekeri,
bahasa, agama
Seiring kemajuan jaman ada perkembangan jaman sesuai kebudayaannya
2.
Kalas
sosial/pendapatan/jabatan
Faktor sosial dapat di bedakan berdasar tingkat pendapatan, model
perumahan/tempat tinggal, kendaraan. Dan
dapat di golongkan menjadi :
Golongan atas :
pejabat tinggi dan pengusaha kaya/berhasil
Golongan menengah : karyawan/pegawai
instansi pemerintah dan karyawan tetap perusahaan besar, penguasaha menengah,
pedagang besar/grosir dll
Golongan rendah :
karyawan /buruh pabrik, pedagang kecil, tukang-tukang, honor harian dll.
3.
Lingkungan
/komunitas kecil
Dalam suatu komunitas ada rasa tolerasni/kebersamaan, atau
persaingan dll . yang termasuk kelompok ini seperti perkumpulan profesi(buruh,
pedagang pasar), agama, lingkungan tetangga, satu instansi, satu perusahaan.
Satu sekolahan, dll
4.
Keluarga
Dalam keluarga banyak keinginan: untuk kelompok umur, anak anak,
remaja, dewasa , janda duda, pengantin baru, berbeda dalam penentuan produk dan
keinginan serta kebutuhan.
5.
Kepribadian
Masyarakat dengan berbagai kepribadian diantaranya berdasar yaitu:
Kegiatan aktivitas keseharian, pekerjaan,, minat, karakter pribadi
6.
Sikap
dan kepercayaan
Kepercayaan mempengaruhi sikap dan sikap berpengaruh terhadap
sikap... saling berhubungan dalam menentukan pembelian.
7.
Konsep
diri
Merupakjan cara seseorang untuk melihat , merasakan dan
memahami tentang sesuatu hal. Jati diri
seseorang dan jiwa idealismenya pribadi
atau orang lain menjadi pertimbangan yg mempengaruhi untuk membeli sesuatu.
8.
Pengalaman
Dengan pengalaman seseorang akan belajar dari produk/barang /jasa
yang di peroleh .......... dari pengamatan, memakai/menggunakan, merasakan
nya... maka akan menentukan seseorang untuk bertindak untuk membeli atau tidak
Tahapan seseorang dalam proses pembelian/pemakaian jasa produk/barang
yaitu
1.
Menganalisa
keinginan dan kebutuhan (mendesak, pokok)
2.
Menilai
sumber sumber dana yang ada (tunai /kredit)
3.
Menetapkan
tujuan pembelian (primer, sekunder, tersier)
4.
Mengidentifikasi
alternativ produk lain (perbandingan)
5.
Keputusan
membeli
Motif seseorang dalam membeli/mengguankan barang /jasa
a.
Harga
b.
Model
/Kegunaan
c.
Merk/Garansi
ayg ditawaarkan/bahan
d.
Toko/swalayan/mall/
gallery yang menarik
e.
Kemampuan
tenaga pemasaran mempengaruhi
f.
Lokasi
dan pelayanan baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar